Foto, Umum

Penawar Rejo Wakili Tuba di Lomba Kesrak PKK-KB-Kes tingkat Provinsi Lampung

  • DSC_0708
  • DSC_0595

Tulang Bawang: Bertempat di Kampung Penawar Rejo Kecamatan Banjar Margo, Kamis, 07 Februari 2013, Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A. Rozak, M.S. melakukan kegiatan kerja mendampingi Tim Penilai Tingkat Propinsi Lampung yang akan melaksanakan Penilaian Lomba Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung Tahun 2012 di Kabupaten Tulang Bawang.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Tulang Bawang Hj. Erna Suud, SH, Bupati menyampaikan bahwa, kegiatan penilaian ini adalah salah satu upaya untuk memberdayakan masyarakat melalui program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Berencana, serta Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Tulang Bawang. Sehingga, dapat terjalin tali silaturahmi yang lebih erat sebagai wujud kebersamaan dan kualitas kegotong-royongan masyarakat yang solid yang berada di Kampung Penawar Rejo.

Sejalan dengan konsep Otonomi Daerah, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang terus berupaya maksimal dalam menjalankan berbagai program yang signifikan demi meningkatkan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Pada sisi lain, pemerintah senantiasa mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memberikan ide, kreatifitas, prakarsa serta upaya-upaya positif lainnya, agar pembangunan dapat berjalan maksimal, khususnya pembangunan daerah kampung Penawar Rejo Kecamatan Banjar Margo.

Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Tulang Bawang akan selalu mendukung upaya pemberdayaan masyarakat, mengembangkan serta mengoptimalkan potensi lokal yang dimiliki, sebagai sumber daya yang unggul dalam mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan. Sumber daya tersebut, tentu meliputi sumber daya alam yang meliputi usaha kecil, usaha menengah, pertanian, perkebunan, perikanan, industri rumah tangga, serta sumber daya manusia lainnya, yang dapat kita tingkatkan dan kembangkan sebagai sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujar Hanan sapaan akrab Bupati tuba.

Berkenaan dengan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan yang meliputi posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta lingkungan bersih dan sehat, pemerintah beserta masyarakat Kabupaten Tulang Bawang menyadari bahwa betapa pentingnya program ini untuk dilaksanakan di Kabupaten Tulang Bawang. Untuk itu, Bupati Tuba meminta para pengelola program tersebut dituntut untuk bekerja ekstra, dengan memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai harapan masyarakat. Langkah ini diwujudkan melalui pelaksanaan keberhasilan 10 program pokok PKK maupun program KB serta program kesehatan.

Untuk program kesehatan, pemerintah mendukung penuh dan bekerjasama dengan masyarakat dalam menciptakan Perilaku Hidup bersih dan Sehat, baik dilingkungan rumah tangga, lingkungan kampung serta wilayah kecamatan. Kemudian, dibentuklah kampung-kampung siaga, yaitu kampung yang memiliki kesiapan sumber daya, serta kemauan dan kemampuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawat daruratan kesehatan secara mandiri.

Sedangkan untuk meningkatkan kinerja program PKK-KB-Kesehatan di Kabupaten Tulang Bawang, Pemerintah Daerah melalui pengelola program PKK-KB-Kesehatan selalu memenuhi keinginan masyarakat dan memberikan perlindungan serta pembinaan, terutama kepada keluarga-keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera 1 (KS 1), dan keluarga-keluarga rentan lainnya diseluruh wilayah di Kabupaten Tulang Bawang.

Saya beserta jajaran pemerintah daerah akan terus berupaya mengambil berbagai kebijakan strategis, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karenanya saya berharap, kiranya berbagai program pembangunan yang telah, sedang dan akan terus dilaksanakan ini, dapat didukung oleh segenap unsur masyarakat. Sehingga dengan kebersamaan, kerjasama dan komitmen yang tinggi ini, dapat semakin mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta majunya pembangunan secara adil dan merata, di Kabupaten Tulang Bawang yang kita cintai dan kita banggakan, pungkas Bupati Tuba.

Tidak lupa, Hanan menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan Kampung Penawar Rejo Kecamatan Banjar Margo, yang telah meraih prestasi dan berhak mewakili Tulang Bawang pada lomba di tingkat Provinsi Lampung. Bupati menegaskan, prestasi ini bukanlah rekayasa, melainkan berkat hasil kerja keras serta kerja sama yang baik antara pemerintah, pengelola program, Kepala Kampung, BPK beserta perangkat kampung bersama seluruh masyarakat Kampung Penawar Rejo.

Atas prestasi positif ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada seluruh pihak yang telah mendukung prestasi yang membanggakan ini. Sayapun mengharapkan, agar prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sekaligus memotivasi kampung-kampung lainnya untuk berupaya maksimal meraih prestasi serupa, baik di tingkat kabupaten, propinsi maupun di tingkat nasional, ujarnya. (admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *